Selasa, 24 Januari 2017

PROSES PEMBUATAN ANIMASI 3D


           Pada saat Lucas Film sedang mengadakan riset tentang bagaimana pengaplikasian digital teknologi terhadap feature film, studio-studio lain mulai menciptakan flying logo dan broadcast graphic untuk beberapa perusahaan seperti National Football League, dan televisi program seperti The NBC dan ABC World news Tonight. 



           Sampai saat ini banyak sekali software-software 3D yang digunakan di pasaran. Sedangkan untuk effect house yang berskala besar, mereka lebih cenderung menggunakan software yang mereka kembangkan sendiri yang disebut prophiety software. Untuk software-software yang bersifat komersil banyak nama-nama yang kita kenal seperti Alias Power Animator, Softimage, 3D Max,dll.

3D animasi membutuhkan proses yang relatif lebih sederhana dibandingkan 2D animasi (cel animation) karena semua proses bisa langsung dikerjakan dalam satu computer software. Secara garis besar proses 3D animasi bisa dibagi 4 tahap yaitu:

  • Modeling
  • Animating
  • Texturing
  • Rendering

Penjelasan

1.      Modelling

           Tahap ini adalah pembuatan object-object yang dibutuhkan pada tahap animasi. Object ini bisa berbentuk primitif object seperti sphere (bola), cube ( kubus ) sampai complicated object seperti sebuah karakter dan sebagainya. Ada beberapa jenis materi object yang disesuaikan dengan kebutuhannya yaitu: polygon, spline, dan metaclay.

           Polygon adalah segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, kita membutuhkan banyak bidang polygon. Bila kita hanya menggunakan sedikit polygon, maka object yang kita dapatkan akan terbagi menjadi pecahan-pecahan polygon.

           Spline adalah beberapa kumpulan spline yang membentuk sebuah lapisan curva yang halus yang dinamakan patch. Sebuah patch menentukan area yang jauh lebih luas dan halus dari sebuah polygon.

            Metaclay Dalam bentuk dasarnya, metaball berbentuk bola (sphere) yang bisa digabungkan satu sama lain sehingga membentuk bentuk organik object.

2.Animating
          
Proses animasi dalam animasi komputer tidak membutuhkan sang animator untuk membuat inbetween seperti yang dilakukan dalam tradisional animasi. Sang animator hanya menentukan/membuat keyframe-keyframe pada object yang akan digerakkan. Setelah proses keyframing dibuat, komputer akan menghitung dan membuat sendiri inbetween secara otomatis.

3.Texturing

           Proses ini menentukan karakterisik sebuah materi object dari segi texture. Untuk materi sebuah object itu sendiri, kita bisa mengaplikasikan properti tertentu seperti reflectivity, transparency, dan refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk mencreate berbagai variasi warna pattern, tingkat kehalusan/kekasaran sebuah lapisan object secara lebih detail.

3.      Rendering

           Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modelling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemaahkan dalam sebuah bentuk output. Dalam standard PAL system, resolusi sebuah render adalah 720×576 pixels.

Istilah-istilah rendering yang sering digunakan:

  • Field Rendering
Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing effect yang disebabkan gerakan cepat dari   sebuah object dalam rendering vide
  • Shader 
Shader adalah sebuah program yang digunakan dalam 3D software tertentu (softimage) dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere,fog dan sebagainya.
  • Antialiasing
Antiliasing dilakukan ketika pixel sangat terbatas. Antialiasing adalah metoda menghaluskan dan mempertajam permukaan kasar atau jagged edges dari sebuah object. Metoda ini menggunakan mathematical proses yang menambah pixel area.


Perangkat Lunak untuk Pembuatan Animasi

Animasi 3D hanya bisa diciptakan dengan software khusus 3D. Software 3D  profesional yang banyak digunakan adalah 3Dsmax, dan Maya 3D. Kedua software ini  memberikan banyak sekali tools kreasi baik untuk modelling maupun trajectoring.  Banyaknya fasilitas pada kedua software tersebut menyebabkan tingkat kesulitan yang  tinggi untuk mempelajarinya. Selain itu kehebatan software ini juga diimbangi dengan  harga yang mahal. 3DSMax versi 6.0 harga ke konsumer sekitar 24 juta rupiah. Maya 3D  mematok harga lebih murah yakni 16 juta rupiah.
Perangkat Keras

3D sampai saat ini masih menjadi komoditas primadona di bidang audio-visual.  Selain menuntut kerja keras untuk memupuk keahlian di bidang 3D, juga diperlukan  alokasi dana besar untuk prangkat penunjangnya. Untuk perangkat keras mutlak diperlukan  komputer dengan kapasitas prima. Di era tahun delapanpuluhan (ketika PC masih di level AT 80486) Pembuatan 3D  tidak dapat ditangani dengan komputer PC. 3D khusus dikerjakan dengan komputer silikon,  yakni komputer yang dirancang untuk menangani data dengan aliran data sangat tinggi.  Harga komputer silikon sangat mahal, mencapai 10 kali lipat harga komputer PC. Komputer PC mulai dapat menangani 3D sejak dikembangkannya prosesor Intel  Pentium. Selain itu, dari perusahan AMD juga mengembangkan prosesor dengan kinerja  yang sama dengan Pentium tetapi dengan herga lebih murah

1 komentar: